Friday, August 3, 2012

Kiat saya supaya tidak boros jajanin anak

Ama anak perempuan saya yang baru saja berusia 4 thn suka sekali ikut saya kemana saya pergi.
Entah itu ke kantor, mau belanja ke minimart, pokoknya dia suka kalo pergi barengan saya.
Maklum lagi deket-deketnya ke ibunya tuuuh... nanti kalo sudah besar waaah...ngga tahu deh.
Mau ngikut pake disuruh-suruh deh.

Jadi saya manfaatkan lah momen itu untuk memperat rasa sayang saya ke anak.
Seneng juga sih ditemenin terus, meski kadang ada keselnya juga misal
kalo dia mau sesuatu yang dia pengen. Misal nih makanan atau minuman.
Ama tuh suka banget minta dibelikan ultra milk rasa coklat yg dingin.
Dia buka cooler trus ambil itu ultra lalu ditaro di keranjang.

Tidak lama kemudian matanya tertuju ke rak makanan, dia pilih chiki snack
atau misalnya permen yupi. Naah...dulu saya susah ngebilanginnya kalo jajan jangan banyak2.
Tapi sekarang saya punya kiat2nya. Jadi...dari pertama kita dateng nih ke minimart,
sampe selesai belanja, Ama cuma bawa 1 makanan/minuman terpilih.
Maksudnya ??

Gini nih... Pertama Ama pilih susu ultra dingin, dia taro di keranjang.
Pas dia ambil makanan/minuman yang berikutnya, sebelum ditaro di keranjang,
saya tanya Ama :

Saya : Ama, mau beli ultra atau ini?

Ama (mikir)...: umm...m..m..ultra aja deh bu.

Saya : Ok..

Lanjut...Ama nemuin mainan yang dia pengen,

 Ama : Bu, Ama mau mainan ini ya bu...

Saya : Boleh tapi pilih salah satu, mau ultra atau mainan ini ?

Ama (mikir lagi) :..umm...mm..mm..ultra aja deh bu.

Tapi kalo dia pilih mainan, saya akan kasih penjelasan spt ini :

Saya : Ama, boleh beli mainan ini tapiii.... mainan yang dirumah
nanti ibu kasihkan ke dik bimo yaa (ada tetangga sebelah rumah),
atau kasihkan ke kakak rani yaa..(sepupunya).

Ama bingun antara pengen mainan baru atau nanti mainannya yang dirumah
dikasihin ke yang lain. Dia akan pilih. Bisa mainan jadi di beli, bisa juga tidak jadi di beli.
Dan akhirnya dia cuma beli ultra dingin.

Itu kiat saya supaya anak tidak jajan banyak. Ini juga bisa melatih anak belajar memilih supaya mandiri.

5 comments:

Pengobatan herbal kanker payudara said...

makasih banyak atas semua info nya ,,,,,,,

Irma Rachmawati said...

Sama-sama..semoga bermanfaat

sudut kelas media belajar siswa said...

^_^ tepat sekali bu....asal bisa menjalin komunikasi yang bagus....memahami sianak...sebelumnya.

Cia ling said...

KEREN GAN ARTICLE NYA
KUNJUNGI JUGA BLOG SAYA YA GAN
=>http://chaniaj.blogspot.com
http://www.dkipoker.com/dkipk/index.php

cynthia chaniago said...

nice post sob..
article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
maju terus dan sukses selalu...
salam kenal yach...
kunjungi blog saya juga ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
Poker Online Indonesia,poker online uang asli indonesia terbaik dan terpercaya...
http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com dan https://www.facebook.com/pages/Benua-poker/683720458370743?fref=ts
serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/
di oliviaclub.com poker online uang asli terbaik di indonesia dengan teknologi teraman dan tercanggih.
main dan ajak teman anda bergabung dan dapatkan 20%+10%+10%+10%
referral fee dari house commision untuk turnover teman ajakan anda...