Tuesday, April 24, 2007

birokrasi..oh..birokrasi

Jumat kemarin saya ke Departemen Kesehatan untuk urus surat permohonan keterangan bahwa alat-alat laboratorium yang diimpor oleh perusahaan dimana saya bekerja tidak memerlukan surat ijin kesehatan. Barang-barang sudah 2 mingguan lebih di gudang bea cukai tapi baru kemarin diperiksa jadi situasinya sangat tidak memungkinkan untuk bisa selesai pada saat yang telah ditentukan. Hmm..customer sudah telponin dari kapan tahu deh..pusing-pusing..
Ceritanya sampai di Dep-Kes, saya ke lantai 7 pas jam 1 ( sudah masuk jam kantor dong?? bukan lunch ?? ) di meja loket tidak ada satupun pegawai yang bertugas disana, kecuali ada seorang bapak sedang mengetik. Dengan dibantu bapak itu, saya mencoba untuk ketemu seseorang disana yang memang bertugas untuk konsult kita-kita yang butuh konsultasi. Dan apa katanya : Hari konsultasi adalah Selasa, Rabu dan Kamis. What ?? OK saya mengerti itu sudah peraturannya. Kemudian saya diminta memasukkan saya surat permohonan tsb ke loket. Diterima oleh ibu Diara yang cantik. Ibu ini ramah dan menerima surat saya sambil menjelaskan birokrasi dan prosedur yang harus dijalankan. OK, Saya mengerti. Trims Ibu Diara. Saya diminta telepon dahulu hari Senin untuk mengetahui surat saya itu di-disposisikan ke siapa gitu..

Rencana saya mau ke Dep-Kes tapi sebelumnya saya telpon dulu ibu Diara, katanya surat tersebut sudah diinstruksikan dari direktur ke ibu Ade (atasan ibu Vita) atau ke Ibu Vita ( saya pernah bertemu dg ibu Vita untuk masalah yang sama ). Tapi kedua ibu ini sedang tidak berada di tempat. Jadi saya harus menunggu mereka sampai tiba.
Ibu Ada baru akan kembali hari Senin depan sedangkan ibu Vita baru akan kembali kamis minggu ini. Jadi katanya saya percuma datang ke sana karena orang yang ingin ditemui tidak ada...waduh..kumaha atuh..Tidak ada yang dapat membantu sedangkan saya butuh sekali surat ini mengingat barang-barang di Bea Cukai sudah kena sewa gudang hampir 1 bulan ? Customer sudah pada naik darah, ada yang mengerti ada juga yang ?@#$%!!! ( apa nih maksudnya ?? )

Tidak adakah jalan lain untuk hal di atas ? Birokrasi oh birokrasi..




No comments: