Wednesday, April 23, 2008

Perpanjang SIM A

Tanggal 15 April minggu yang lalu, saya pergi ke Polres Bekasi dengan maksud untuk memperpanjang SIM A saya yang akan habis masa berlakunya. Padahal masih ada 2 minggu lagi tapi daripada nanti terburu-buru atau lupa, maka saya bikin saja supaya tidak repot. Dari rumah diantar suami secara dia berangkat ke tempat kerjanya. Tiba disana kira-kira jam setengah sepuluhan. Ternyata sudah banyak orang yang antri.
Setelah tanya ke bapak yang duduk dipojok kiri bagian informasi, maka step pertama saya harus ke poliklinik terlebih dahulu untuk mendapatkan keterangan sehat. Di poliklinik tidak lama, hanya periksa kesehatan mata saja, tinggal menyebutkan huruf-huruf dengan jarak tertentu, lalu selesai. Biaya poliklinik sebesar Rp. 25.000 setelah itu saya ke bagian Asuransi.
Di loket asuransi saya membayar Rp. 15.000 untuk nantinya mendapat perlindungan asuransi. Dari loket saya mendapatkan selembar kertas yang nantinya untuk ambil kartu bila SIM sudah jadi.
Dari loket asuransi, saya ke loket pembayaran pembuatan SIM. Pembayarannya ke bank, tetapi disana sudah ada loket khusus untuk itu, jadi saya tidak perlu ke bank, untuk perpanjang SIM, biaya yang harus dikeluarkan hanya Rp. 65.000
Dari loket ini kita diberi formulir untuk isi data kita. Kalau sudah diisi form tersebut baru kita ke loket yang ada disebelahnya yaitu loket untuk foto dan cap jempol serta tanda-tangan.
Data yang kita isi tadi diserahkan kembali ke loket "foto" yang nantinya kita menunggu giliran dipanggil untuk foto, cap jempol dan tanda-tangan.
Tidak lama menunggu, nama saya dipanggil, lalu saya masuk ke ruangan untuk foto, cap jempol dan tnada-tangan. Setelah itu menunggu lagi sampai tiba dipanggil kembali untuk menerima SIM yang telah jadi. Tidak lupa saya ke loket asuransi untuk mengambil kartu asuransi yang sudah jadi sambil memperlihatkan SIM yang baru.
Jadi dari total biaya pengeluaran untuk membuat SIM A (perpanjang) hanya Rp. 185.000 dan waktu yang dipakai hanya sekitar 1 jam. Cepat ya...Pelayanannya juga teratur.
Jam setengah sebelas saya sudah selesai langsung chaw, eh apa itu...ada yang jualan gado-gado...santap dulu ah...



No comments: