Wednesday, February 4, 2009

Waspada terhadap Masalah Kewanitaan

Baru pulang dari beli ATK, ada temen YM kasih tahu informasi yang berguna sekali untuk kita kaum perempuan. Dikatakan bahwa Menurut Yayasan Kanker Indonesia, Saat ini penyakit Kanker Leher Rahim menyebabkan korban meninggal sedikitnya 200.000 wanita per-tahun. Dan hasil penelitian dari USA , The Tampon Safety and Research Act of 1999, H. R. 890, U.S.A (Kongres Amerika 1999):

1. Dari hasil penelitian, zat Dioxin dan serat Sintetis yang ada di pembalut wanita & produk yang mirip lainnya, beresiko tinggi terhadap kesehatan wanita, termasuk resiko terhadap cervical cancer, endometriosis, infertility, ovarian cancer, breast cancer, immune system deficiencies, pelvic inflammatory disease & toxic shock syndrome, dan lainnya.

2. Ahli Internasional tentang penelitian atas Kanker, Badan Kesehatan Dunia WHO menyatakan bahwa zat Dioxin dapat menyebabkan kanker.

3. Dioxin adalah sebuah hasil sampingan dari proses bleaching (pemutihan) yang digunakan pada pabrik kertas, termasuk pabrik pembalut wanita, tissue, sanitary pad dan diaper (pembalut untuk anak-anak).

Setelah membacanya, saya jadi dilema. Kalau saya tidak pakai pembalut selagi datang bulan, maka penggantinya adalah kembali ke jaman saya waktu masih SMP dulu, memakai kain bekas atau dari handuk, setelah pakai dicuci - dijemur. Tapi itu pastinya akan repot sekali ya, belum waktu yang dibutuhkan untuk mencucinya, harus sedia kain/handuk yang banyak (bilamana musim hujan yang bikin jemuran pada ngga kering), tentunya juga harus semakin sering ganti, soalnya saya termasuk yang ga betah kalo pakai pembalut yang itu lagi setelah habis buang air kecil/besar. Ga nyaman rasanya. Apalagi kalau sedang banyak-banyaknya.

Nah, solusinya...? Yaa tetap aja pake pembalut, tapi harus sering ganti ya, at least sehabis buang air kecil atau BAB. Atau atur waktunya, kalau pagi pakai yang baru, siangnya ganti jam 12, trus mau pulang kantor ganti lagi, supaya dijalan nyaman. Nanti ganti lagi setelah mandi sore, mau tidur ganti lagi. Gitu aja...
Ga perlu cuci-cuci jemur-jemur, dan bagian kewanitaan kita tetap bersih dan terjaga.
OK...
Ada pendapat lain ?



Lengkapnya ada disini nih



No comments: