Monday, February 18, 2008

Cara membuat cireng - aci di goreng

Siapa yang ngga tahu cireng ? Cireng makanan khas dari sunda yang terbuat dari tepung tapioka atau disebut juga oleh orang sunda yaitu aci. Bentuknya bisa bulat, lonjong, atau pipih. Warnanya putih dan rasanya asin gurih gitu deh..wangi karena pake daun bawang. Proses pematangannya cuma digoreng saja. Mau tahu cara membuatnya ?
Ini gara-gara sepupu gue poppy yang doyan banget sama penganan yang satu ini. Kalo ada tukang gorengan lewat, pasti yang dia cari cireng duluan. Ngga salah kalo di bakal borong itu cireng. Akhirnya gue cobain tuh cireng, weleh-weleh-weleh...ngeunah pisan euy...apalagi kalo kita makan hangat-hangat waktu hujan turun ditemenin minumnya juga yang hangat. Wah...lupa deh segala. Penasaran mau bikin sendiri awalnya gagal, lantaran cara ngolahnya ga bener. Tepung tapioka gue masukin ke panci yang berisi air, diatas kompor dengan api sedang sampe airnya mendidih. Tapi kok malah kaya bubur sum-sum ya ? Hasil adukan nge-gibleg ( jadi padat kaya lem ). Wah gagal total nih.
Besoknya sabtu ada sepupu dari bogor datang, ternyata dia jagonya bikin cireng.
Nah..cara ngolahnya begini nih :
Tepung tapioka sekitar 500 gr diberi garam, merica (kalo mau), penyedap rasa sedikit aja, irisan daun bawang dua sendok makan, lalu dituang air panas mendidih sedikit demi sedikit sambil diaduk. Jangan terlalu banyak airnya, nanti malah ngga kalis. Abis itu diaduk deh pake tangan kita, sampe kalis. Lalu dibentuk, Goreng deh di api sedang. Kalo permukaan cireng udah ngga rata alias bergelombang, angkat ya...



5 comments:

Anonymous said...

ah... saya mau coba nih, kebetulan di sini tidak ada cireng jadi harus bikin sendiri :-D

vie said...

aduh..kabita euy..
jadi pengen nyobain bikin... secara cireng jajanan pavorit waktu kecill... wa as pisaann..

irma said...

Nuhun Ceu Evi sudah mampir ke blog sy. Dirumah jg cireng tuh jadi makanan paporit, dicocol ku saos tomat, meni edan pisan rasana...hehehe...

Heru said...

Thanks ya...atas resepnya
Gw suka bgt sm cireng, apalagi makannya pake cabe rawit....hmmm nikmat.

Irma Rachmawati said...

Hai Heru..
Wah favorit kita sama dong ya, suka cireng, selain sm cabe rawit, biasanya suka dicocol sama saos sambal tuh sedaaap bgt.